Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis terletak di pesisir selatan Kota Yogyakarta. Parangtritis termasuk destinasi Wisata di Jogja yang terkenal hingga mancanegara. dikarenakan lokasi pantainya yang cukup strategis, dan tidak terlalu jauh dari kota inilah membuat parangtritis lebih banyak pengunjung dibanding pantai lainnya. hanya dengan waktu kira-kira satu jam dari kota, travellers bisa sampai di sana menikmati pemandangannya.

Sunset Pantai Parang Tritis

Banyak sekali cerita sejarah maupun mitos yang berkembang di balik nama Parangtritis. Seakan-akan menyimpan seribu cerita yang menarik untuk diketahui selain untuk dinikmati panoramanya. menurut cerita masyarakat, dahulu kala ada seorang bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit.

Tatkala itu ia sedang bersemedi, melihat dari celah-celah batu karang yang menjatuhkan banyak tetesan air. Dalam bahasa Jawa, karang disebut juga dengan “paran”. Sedangkan tetesan air itu disebut dengan “tumatitis”, sehingga jadilah nama daerah itu dengan sebutan “Parangtritis” artinya air yang menetes dari batu. Mungkin cerita itu menjadi salah satu asal usul Pantai Parangtritis Daerah Istimewa Yogyakarta.

Parangtritis merupakan objek wisata yang paling terkenal di Yogyakarta. Parangtritis mempunyai pemandangan unik yang tidak ditemukan pada objek wisata lainnya yaitu gumuk pasir yaitu gunung-gunung pasir di sekitar pantai. Gumuk ini dikatakan sebagai satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara. Di sini, Anda akan merasa sedang berada di Afrika sebab luasnya lautan pasir dan udaranya yang lebih panas dibanding daerah sekitarnya.

Selain dari pada ombaknya yang cukup besar itu. Potensi yang lura biasa ini hingga parangtritis ini, hingga membuat pihak Pemkab Bantul turun tangan mengelolanya dengan baik, dengan memberi fasilitas penginapan sampai pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

Di Parangtritis juga tersedia ATV yang dapat disewa dengan harga sekitar Rp 50.000 – Rp.100.000, kuda dan kereta kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat cukup dengan RP. 20.000. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat yang pas untuk olahraga udara, tersedia penginapan atau hotel di Pantai Parangtritis, Warung jajanan, Toko kerajinan, Toko kelontong dan lahan parkir yang luas. Tiket masuk Pantai Parangtritis setara dengan tiket masuk Pantai Depok Jogjakarta yaitu sebesar Rp. 5.000,-/orang. Harga yang murah bukan?

One thought on “Pantai Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *